TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28195 UR - http://digilib.unila.ac.id/28195/ A1 - Deni Setiawan, 0913021033 Y1 - 2016/12/30/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data pemahaman konsep matematis yang diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : efektivitas, penemuan terbimbing, pemahaman konsep matematis. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016) AV - restricted ER -