creators_name: ALEK SANDER F.SIMATUPANG, 1216041007 creators_id: alevander.simatupang@gmail.com type: other datestamp: 2017-10-06 04:04:02 lastmod: 2017-10-06 04:04:02 metadata_visibility: show title: ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN LISTRIK PINTAR (PRABAYAR) DAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN LISTRIK KONVENSIONAL (PASCABAYAR)STUDI KASUS PTPLN RAYON BUMI ABUNG KOTABUMI LAMPUNG UTARA ispublished: pub subjects: H1 full_text_status: restricted abstract: Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan listrik, PT PLN mengeluarkan inovasi baru yaitu listrik prabayar. Listrik prabayar diharapkan dapat menggantikan layanan listrik pascabayar, yang dinilai sudah tidak efisien jika dibandingkan dengan listrik prabayar.Berdasarkan pelayanannya, pelanggan menilai ada perbedaan dalam pelayanan listrik pascabayar dan prabayarsehingga tingkat kepuasannya juga berbeda.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perbandingan tingkat kepuasan pelanggan listrik prabayar dan pelanggan listrik pascabayar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Jumlah sampel penelitian sebanyak 60 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisoner.Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kepuasan pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan listrik prabayar lebih tinggi daripada pelanggan listrik pascabayar.Perbedaan yang paling signifikan terdapat pada aspek reliability, dimana pelanggan menilai jumlah tagihan dan penggunaan tidak sesuai, informasi yang diberikan PLN terbatas, dan produk yang disediakan tidak sesuai dengan kebutuhan. Perbedaan tingkat kepuasan tersebut karena layanan listrik prabayar lebih modern dan praktis daripada pelayanan listrik pascabayar sehingga PT PLN dapat dengan mudah memberikan pelayanan yang masksimal. Kata kunci : Kepuasan, Layanan Pascabayar dan Prabayar COMPARATIVE ANALYSIS OF SATISFACTION LEVEL USER'S CUSTOMER ELECTRICITY SERVICES (PREPAID) AND CONVERSIONAL ELECTRICITY SERVICES (POSTPAID)CASE STUDY PT PLN RAYON BUMI ABUNG KOTABUMI NORT LAMPUNG To improving services to electricity customers, PT PLN issued a new innovation that is prepaid electricity. Prepaid electricity is expected to replace postpaid electricity services, which are considered inefficient when compared to prepaid electricity. Based on its service, customers assess the differences in postpaid and prepaid electricity services, so the level of satisfaction is also different. This study aims to describe and analyze comparison of satisfaction levels prepaid electricity customers and postpaid electricity customers. This research uses quantitative approach. The sample size is 60 people. Data collection using questionnaires. The results showed that there was a difference in the level of customer satisfaction. Prepaid electricity customer satisfaction rate is higher than postpaid electricity customers. The most significant difference is in the reliability aspect, where the customer assesses the number of invoices and inappropriate usage, the information provided by PLN is limited, and the products provided are not suitable to the needs. The difference in the level of satisfaction is because the prepaid electricity service is more modern and practical than the postpaid electricity service so PT PLN can easily provide the maximum service. Keywords: Satisfaction, Postpaid and Prepaid Service date: 2017-08-11 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ALEK SANDER F.SIMATUPANG, 1216041007 (2017) ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN LISTRIK PINTAR (PRABAYAR) DAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN LISTRIK KONVENSIONAL (PASCABAYAR)STUDI KASUS PTPLN RAYON BUMI ABUNG KOTABUMI LAMPUNG UTARA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/28220/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/28220/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/28220/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf