%0 Generic %A FERRA DWI PUTRI, 1313053060 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28249 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS MAWAR METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/28249/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan prestasi belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Mawar Metro Pusat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 158 orang siswa dan jumlah sampel diambil berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling yaitu diperoleh 61 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment dengan nilai koefisien korelasi r = 0,27 dengan thitung > ttabel yaitu 2,11 > 2,02 (dengan α = 0,05) artinya korelasi signifikan. Besar kontribusi minat belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 7,29%, sedangkan 92,71% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus Mawar Metro Pusat. Kata kunci: matematika, minat belajar, prestasi belajar.