%A 1313053007 AGUS TRI WIBOWO %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 METRO BARAT %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 04 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran visual auditory kinesthetic (VAK) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 04 Metro Barat. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 41, terdiri dari 20 siswa kelas IVA sebagai kelompok eksperimen dan 21 siswa kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian ini adalah quasi exsperimental. Alat pengumpul data berupa soal tes kognitif dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan bantuan program Microsoft Excel 2013. Data yang diperoleh kemudian diuji persyaratan analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil uji hipotesis data dengan uji statistik independen sampel t-tes diperoleh data yang menunjukan H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran visual auditory kinesthetic terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: hasil belajar , matematika, model VAK %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints28268