TY - THES ID - eprints28290 UR - http://digilib.unila.ac.id/28290/ A1 - ANITA LISDIANA, 1523031015 Y1 - 2017/07/21/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dengan model TS-TS untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan memperhatikan konsep diri. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain eksperimen dalam penelitian ini yaitu desain faktorial by level. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 6 rombel dan sampel kelas VIII A dan VIII D sebanyak 70 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket.Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis menunjukkan (1) Terdapat perbedaan nilai rata-rata keterampilan sosial siswa antara model pembelajaran Time Token dan model TS-TS pada mata pelajaran IPS Terpadu. (2) Nilai rata-rata keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Time Token lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran TS-TS bagi siswa yang memiliki konsep diri positif pada mata pelajaran IPS Terpadu. (3) Nilai rata-rata keterampilan sosial yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Time Token bagi siswa yang memiliki konsep diri negatif pada mata pelajaran IPS Terpadu. (4) Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan konsep diri pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci: keterampilan sosial, time token, ts-ts, konsep diri. ABSTRACT The objective of this research was to find out the effectiveness between using Time Token and TS-TS cooperative learning models to improve social skill by paying attention to self concept. This research used quasi-experiment method with comparison approach. Population in this research was 70 grade VIII students in Al-Hikmah Islamic Junior High School in Bandar Lampung in academic year 2016/2017 who were taken from 6 learning groups from classroom VIII A and VIII D and by using cluster random sampling. This research used factorial by level design. Data were collected by using observations and questionnaires. Hypothesis was tested by using two paths variance analysis and independent two sample test analysis. The analysis results showed that (1) there were differences between students? social skills between using time Token and TS-TS learning models in the integrated social sciences subject; (2) social skills of students using Time Token learning model was better than students using TS-TS learning model with positive self concept in the integrated social sciences subject; (3) social skills of students using TS-TS learning model was better than students using Time Token learning model with negative self concept in the integrated social sciences subject; (4) there were interactions between learning models and self concept in the integrated social sciences subject. Keywords: social skill, time token,ts-ts, self concept. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTS AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017? AV - restricted ER -