%0 Generic %A M. EGI SURYA PRATAMA, 1311031062 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28332 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP KOEFISIEN RESPON LABA (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015) %U http://digilib.unila.ac.id/28332/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tanggung jawab sosial perusahan terhadap koefisien respon laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI periode 2011-2015. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah koefisien respon laba. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yaitu persistensi laba, growth, leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di BEI periode 2011-2015. Metode penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria tersebut maka sebanyak 22 perusahaan terpilih sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tanggung jawab sosial perusahaan tidak berpengaruh terhadap koefisien respon laba. Pengungkapan informasi tanggung jawab sosial perusahaan hanya diberikan apresiasi oleh investor namun tidak berpengaruh dalam pengambilan keputusan investasi. Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Koefisien Respon Laba. ABSTARCT This study aims to examine the effect of corporate social responsibility on earnings response coefficients in banking companies listed on the IDX period 2011-2015. The independent variable used in this study is corporate social responsibility. While the dependent variable used in this study is the profit response coefficient. This research also use control variable that is persistence, growth, leverage, size and profitability. The population in this study is the banking sector companies listed on the IDX period 2011-2015. The method of determining the sample is done by using purposive sampling. Based on these criteria then as many as 22 companies selected as a sample. Data analysis technique used in this research is multiple regression analysis. The results of this study indicate the variable of corporate social responsibility does not affect the response. Disclosure of corporate social responsibility information is only given appreciation by investors but not in investment decision decision. Keywords : Corporate Social Responsibility Disclosure, Earnings Response Coefficient.