TY - THES ID - eprints2836 UR - http://digilib.unila.ac.id/2836/ A1 - Rika Sari, Dewi Y1 - 2014/08/19/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan visual-spasial siswa yang kurang dimiliki oleh siswa kelas IVE di SD Negeri 1 Palapa. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa melalui penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dengan tema tempat tinggalku. Peneliti menggunakan PTK yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data penelitian ini diperoleh melalui penilaian produk dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kinerja kecerdasan visual-spasial siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase rata-rata kinerja kecerdasan visual-spasial siswa pada prasiklus adalah 47%, siklus 1 sebesar 72% dengan kategori baik, dan siklus 2 sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: kecerdasan visual-spasial dan model pembelajaran mind mapping. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN TEMA TEMPAT TINGGALKU DI SD NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -