TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28361 UR - http://digilib.unila.ac.id/28361/ A1 - EVA FALENTINA , 1013052004 Y1 - 2017/07/19/ N2 - Masalah penelitian ini adalah perilaku agresif siswa yang tinggi. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok pendekatan cognitivebehavior therapy dapat mengurangi perilaku agresif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 tahun pelajaran 2016/2017.Metode yang digunakan bersifat quasi eksperiment dengan desain one-group pretest-posttest. Subjek sebanyak 10 siswa yang memiliki perilaku agresif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif di sekolah dapat diturunkan melalui layanan konseling kelompok pendekatan cognitivebehavior therapymenggunakan uji wilcoxon, dari hasil analisis data post-test diperolehZhitung = -2,805< Ztabel0,05 = 1,645, dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci:konseling kelompok, pendekatan CBT,perilaku agresif siswa PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 2 TRIMURJO TAHUN AJAR 2016 / 2017 AV - restricted ER -