creators_name: MUHID ABROR, 1013127024 creators_id: muhidabror@yahoo.com type: other datestamp: 2017-10-02 06:55:37 lastmod: 2017-10-02 06:55:37 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GUNUNG MEGANG KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GUNUNG MEGANG KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS Oleh MUHID ABROR Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil dan aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah dilakukan model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VI SD Negeri I Gunung Megang Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten tanggamus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek Penelitian adalah siswa Kelas VI SD Negeri 1 Gunung Megang Kecamatan Pulau Panggung yang berjumlah 20 orang siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, dan tiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Untuk analisis tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya berupa soal test tertulis pada setiap akhir siklus. Data kualitatif dianalisis dengan tehnik deskriptif dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dilihat dari hasil observesi yang semula nilai aktivitas siswa pada akhir siklus 2 sebesar 72,5% dengan kategori aktif. Adanya peningkatna hasil belajar siswa pada akhir siklus 2 dengan persentase siswa yang mencapai KKM sebesar 90%. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil belajar, Model Pembelajaan Kontekstual date: 2017-04-20 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: MUHID ABROR, 1013127024 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GUNUNG MEGANG KECAMATAN PULAU PANGGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/28378/1/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/28378/2/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/28378/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf