?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IDENTIFIKASI+KESULITAN+GURU+IPA+DALAM+MERENCANAKAN%0D%0ADAN+MELAKSANAKAN+ASESMEN%0D%0A(Studi+Deskriptif+pada+Guru+IPA+kelas+VIII+SMP+Negeri+se-Kecamatan%0D%0AMetro+Pusat+Kotamadya+Metro)&rft.creator=OKTA+VIA+ARISCA%2C++1313024065&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=QH301+Biology&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+kesulitan+guru+dalam%0D%0Amerencanakan+dan+melaksanakan+asesmen.+Sampel+penelitian+adalah+guru+IPA%0D%0Akelas+VIII+SMP+Negeri+se-Kecamatan+Metro+Pusat.+Desain+yang+digunakan+dalam%0D%0Apenelitian+ini+adalah+desain+deskriptif.+Sampling+yang+digunakan+adalah+sampling%0D%0Ajenuh+yang+berarti+semua+anggota+populasi+dijadikan+sampel.+Data+penelitian+ini%0D%0Aberupa+data+kualitatif+dan+kuantitatif.+Pengumpulan+data+dilakukan+dengan%0D%0Amenggunakan+triangulasi+instrumen+berupa+angket+dan+wawancara.+Teknik%0D%0Aanalisis+data+dilakukan+dengan+deskriptif+persentase+untuk+angket+kesulitan+guru%0D%0Adalam+merencanakan+dan+melaksanakan+asesmen+dan+data+wawancara+dianalisis%0D%0Asecara+deskriptif+menggunakan+teknik+crosscheck+(pencocokan).%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+kesulitan+guru+IPA+kelas+VIII+SMP+Negeri%0D%0Ase-Kecamatan+Metro+Pusat+dalam+merencanakan+asesmen+mengalami+kesulitan%0D%0Adengan+persentase+sebesar+44%2C00%25%2C+artinya+kesulitan+yang+dialami+guru+dalam%0D%0Amerencanakan+asesmen+dikategorikan+cukup.+Faktor+utama+yang+menyebabkan%0D%0Aiii%0D%0Aguru+cukup+kesulitan+dalam+merencanakan+asesmen+adalah+%E2%80%9Cmembuat+indikator%0D%0Apencapaian+kompetensi+peserta+didik%E2%80%9D.+Hasil+analisis+angket+kesulitan+guru+dalam%0D%0Amelaksanakan+asesmen%2C+menunjukkan+bahwa+guru+IPA+kelas+VIII+SMP+Negeri+se-%0D%0AKecamatan+Metro+Pusat+mengalami+kesulitan+dengan+persentase+skor+51%2C39%25%2C%0D%0Ayang+berarti+kesulitan+dalam+melaksanakan+asesmen+dikategorikan+cukup.+Faktor%0D%0Autama+yang+menyebabkan+guru+cukup+kesulitan+dalam+melaksanakan+asesmen%0D%0Aadalah+dalam+pelaksanaan+asesmen+ranah+afektif%2C+terutama+dalam+%E2%80%9Cmengamati%0D%0Aaspek+sikap%E2%80%9D.%0D%0AKata+Kunci+%3A+kesulitan%2C+melaksanakan+asesmen%2C+merencanakan+asesmen&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+&rft.date=2017-09-15&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F28384%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F28384%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F28384%2F4%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++OKTA+VIA+ARISCA%2C+1313024065++(2017)+IDENTIFIKASI+KESULITAN+GURU+IPA+DALAM+MERENCANAKAN+DAN+MELAKSANAKAN+ASESMEN+(Studi+Deskriptif+pada+Guru+IPA+kelas+VIII+SMP+Negeri+se-Kecamatan+Metro+Pusat+Kotamadya+Metro).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F28384%2F