TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28390 UR - http://digilib.unila.ac.id/28390/ A1 - Armayyeni Nurillia Marsim, 1313043008 Y1 - 2017/08/30/ N2 - ABSTRAK Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana pelaksanaan pembelajaran tari Tuping menggunakan metode demonstrasi, dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari Tuping menggunakan metode demonstrasi. Teori pembelajaran behaviorisme digunakan karena lebih menekankan pada perubahan tingkah laku seseorang berdasarkan stimulus respon. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitiannya guru dan 5 siswa tunarungu di SLB Negeri Metro. Proses pembelajaran menggunakan langkah-langkah metode demonstrasi. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan, menyiapkan bahan atau alat yang ingin digunakan, menunjuk salah seorang siswa untuk mendemonstrasikan sesuai skenario yang telah diciptakan, seluruh siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisisnya, tiap siswa mengemukakan hasil analisis dan demonstrasikan pengalaman, guru dan siswa membuat suatu kesimpulan, penutup. Hasil pembelajaran mendapatkan kategori baik. Kata Kunci: demonstrasi, pembelajaran, tari tuping. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PEMBELAJARAN TARI TUPING MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI METRO AV - restricted ER -