@misc{eprints28399, month = {Juli}, title = {TINDAK TUTUR PERSUASIF PADA GURU PENJASORKES DAN SISWA DI SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017}, author = {1313041064 Puspita Cahya Rivai}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/28399/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur persuasif dengan teknik-teknik persuasi pada guru Penjasorkes dan siswa di SMK Negeri 4 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tindak tutur antara guru Penjasorkes dan siswa; serta tindak tutur antara siswa dan siswa di SMK Negeri 4 Bandar Lampung saat kegiatan pembelajaran Penjasorkes berlangsung. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak yang meliputi teknik observasi, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tindak tutur persuasif dengan teknik rasionalisasi, teknik sugesti, teknik konformitas, teknik kompensasi, teknik penggantian, dan teknik proyeksi. Tindak tutur persuasif pada guru Penjasorkes dan siswa di SMK Negeri 4 Bandar Lampung yang paling banyak ditemui ialah teknik sugesti dan teknik konformitas dalam bentuk langsung. Tindak tutur persuasif dengan teknik rasionalisasi, teknik kompensasi, teknik penggantian, dan teknik proyeksi sedikit ditemui. Ditemukan tindak tutur persuasif dengan teknik rasionalisasi dalam bentuk langsung dan tidak langsung; ditemukan tindak tutur persuasif dengan teknik kompensasi dalam bentuk langsung; serta ditemukan tindak tutur persuasif dengan teknik penggantian dan teknik proyeksi dalam bentuk tindak langsung. Kata kunci: tindak tutur, persuasif, SMK Negeri 4 Bandar Lampung } }