%0 Generic %A I Wayan, NI WAYAN GIRIYANTI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:284 %I Fakultas KIP %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN PADA MATERI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMPREDIKSI %U http://digilib.unila.ac.id/284/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan memprediksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 6 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2012-2013. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Efektivitas model pembelajaran POE ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai pretest dan posttest yang dilihat dari nilai n-gain. Hasil peneliti-an menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan memprediksi sebesar 0,60. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE pada materi laju reaksi efek-tif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dengan kriteria sedang. Kata kunci: pembelajaran POE, keterampilan memprediksi dan n-gain