%0 Generic %A YULIANTON ASHZAR IBRAHIM , 1313052064 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28407 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/28407/ %X Masalah dalam penelitian ini percaya diri dalam belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian adalah metode pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dan dianalisis dengan statistik non parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subyek penelitian sebanyak 7 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Bandar Lampung yang memiliki rasa percaya diri dalam belajar yang rendah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh zhitung =-2,371 dan ztabel 0,05 = 1,645 dengan taraf signifikansi p= 0,018 dan peningkatannya setara dengan 34%. Karena zhitung