@misc{eprints28427, month = {September}, title = {MITOS DALAM PARIWARA ROKOK DI TELEVISI DAN RANCANGANNYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP}, author = {1313041025 ERDA RISMAWATI }, address = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/28427/}, abstract = {Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mitos dalam pariwara rokok di televisi dan rancangannya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mitos dalam pariwara rokok di televisi dan rancangannya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari iklan rokok Sampoerna Hijau Edisi Dorong Rame-Rame dan Djarum Coklat Filter Versi Goalkeeper. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos dari pariwara rokok Sampoerna Hijau Edisi Dorong Rame-Rame adalah segala sesuatu yang dilakukan secara bersama akan membuat hidup menjadi mudah dan menyenangkan. Mitos dari pariwara rokok Djarum Coklat Filter Versi Goalkeeper adalah anak muda yang harus memperhatikan sopan santun dalam bertutur kata dengan orang lain. Kedua pariwara ini dapat dijadikan media dalam rancangan pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII semester ganjil terkait dengan KD 3.3 Mengidentifikasi informasi teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan KD 4.3 Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber. Kata kunci: mitos, pariwara, rancangan pembelajaran.} }