title: MITOS DALAM LIRIK LAGU ALBUM SERENADE KARYA EBIET G. ADE DAN RANCANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA creator: Eli Ermawati, 1313041022 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mitos yang terdapat dalam lirik lagu album Serenade karya Ebiet G. Ade dan merancangnya sebagai bahan pembelajaran sastra di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lirik lagu album Serenade karya Ebiet G. Ade yang diunggah di situs Facebook oleh Komunitas Apresiator Pecinta EGA. Lirik lagu dalam album Serenade berkisah tentang romansa cinta sang penyair dan pesan-pesan moral. Hasil penelitian menunjukan bahwa Lirik lagu dalam album Serenade membawa tiga mitos umum dengan nilai cinta, ketuhanan, dan sosial. Mitos yang berisi nilai cinta menggambarkan cinta harus diungkapkan dalam waktu yang tepat (Serenade, Engkaulah yang Merebut Hatiku, dan Gemuruh Deburan Ombak Cintaku Untukmu) dan sikap romantis dan komitmen akan membuat cinta terjaga (Maka Rekatlah Cinta Kita). Mitos yang berisi nilai ketuhanan menggambarkan kedamaian yang akan didapat manusia setelah bertaubat dengan sungguh-sungguh (Di Sudut Rumah-Mu, Tanah Air Mata, dan Tuhan Tak Pernah Henti). Mitos yang menggambarkan bahwa kebersamaan yang terjaga akan menjalin ikatan persaudaraan (Menjadi Bara Kebersamaan). Kata kunci: Lirik Lagu Album Serenade, Mitos, dan Pembelajaran publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-09-08 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28443/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28443/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28443/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Eli Ermawati, 1313041022 (2017) MITOS DALAM LIRIK LAGU ALBUM SERENADE KARYA EBIET G. ADE DAN RANCANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/28443/