TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28445 UR - http://digilib.unila.ac.id/28445/ A1 - DJAKIA ULFAH, 1313021027 Y1 - 2017/09/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Namun, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: Efektivitas, Komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 24 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) AV - restricted ER -