TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28488 UR - http://digilib.unila.ac.id/28488/ A1 - ALAMSYAH , 1313041002 Y1 - 2017/08/21/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Tahapan Alur dalam Novel Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Tahapan Alur dalam novel Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Ayahku Bukan Pembohong karya Tere Liye. Novel tersebut diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama pada Bulan April 2016 dengan tebal 304 halaman dan tebal 20 cm. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil analisis secara secara keseluruhan pada Ayahku bukan Pembohong karya Tere Liye terdiri atas alur yang di bagi menjadi lima tahap yaitu, penyituasian 39 data, pemunculan konflik 31 data, peningkatan konflik 19 data, klimaks 4 data, dan penyelesaian 7 data. Implikasi kesantunan berbahasa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA berkaitan dengan Kurikulum 2013 edisi revisi dalam KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Kegiatan menganalisis teks novel dengan indikator Siswa mampu menganalisis unsur intrinsik pada novel yang berkaitan dengan alur, latar, jenis tokoh. Kata kunci : tahapan alur, implikasi, novel PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - TAHAPAN ALUR DALAM NOVEL AYAHKU BUKAN PEMBOHONG KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AV - restricted ER -