%0 Generic %A Bryan Tioro Gisri, 1313041011 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28502 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KONFLIK DALAM NOVEL SUTI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/28502/ %X Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konflik dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konflik dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah novel Suti karya Sapardi Djoko Damono. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik yang terdapat dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono adalah konflik manusia dengan dirinya sendiri, konflik manusia dengan manusia, dan konflik manusia dengan masyarakat. Manajemen konflik yang terdapat dalam novel Suti karya Sapardi Djoko Damono adalah cara menghindar dan kompetisi. Pembelajaran yang berkaitan dengan konflik terdapat pada kelas XII, yaitu Kompetensi Dasar: 4.1 memahami dan mampu membuat tanggapan kritis (dalam bentuk tulisan) terhadap suatu karya sastra (puisi, cerpen, novel, dan naskah drama) dengan mengaitkan antarunsur dalam karya sastra untuk menilai karya sastra. Novel Suti karya Sapardi Djoko Damono dapat digunakan sebagai bahan ajar karena dalam novel tersebut mengandung konflik. Kata kunci : bahan ajar, novel, konflik.