%A 1216011033 DHIMITRI PUTRA BUDIANGGA %T PERBADINGAN TINGKAT DISIPLIN ANTARA SISWA PROGRAM ?BINA LINGKUNGAN? DAN SISWA REGULER BERDASARKAN STATUS SOSIAL EKONOMI DI SMKN 1 BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan perbandingan tingkat disiplin antara siswa program bina lingkungan dan reguler berdasarkan status sosial ekonomi keluarganya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian deskripsi. Teknik penentuan sempel dalam penelitian ini adalah teknik slovin sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 174 orang diantaranya siswa reguler 83 dan siswa program bina lingkungan 91 orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa perbandingan tingkat disiplin siswa program bina lingkungan dan siswa reguler tidak terlalu signifikan walaupun memiliki status sosial ekonomi keluarga yang sangat signifikan. Karena keenam indikator disiplin memiliki nilai yg sama, dengan signifikan (0,1 < 0,375), dengan demikian maka tingkat disiplin tidak memiliki perbedaan. Kemudian dengan empat indikator status sosial ekonomi keluarga yang memiliki nilai yang tidak sama, dengan signifikan (0,1 > 0,000), sehingga status sosial ekonomi keluarga memiliki perbedaan. Kata kunci : siswa program bina lingkungan, siswa reguler, status sosial ekonomi keluarga abstarct This study aims to determine and explain the comparative level of discipline between students of program bina lingkungan and students regular development based on the socio-economic status of their families. This research uses quantitative method with description research type. Determination technique of sempel in this research is slovin technique so that the sample in this study amounted to 174 of them 83 regular and 91 studenss of program bina lingkungan. Based on the research conducted, it is found that the comparative level of discipline of students of program bina lingkungan and regular development is not very significant despite having a very significant socio-economic status of the kelaurga. Since the six indicators of discipline have the same value, significantly (0.1 <0.375), thus the level of discipline has no difference. Then with four indicators of socioeconomic status of families that have unequal values, with significant (0,1> 0,000), so that the socio-economic status of families have differences. Keywords: students program bina lingkungan, regular students, socio-economic status of family %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints28513