<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017"^^ . "ABSTRAK\r\nPENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017\r\nOleh:\r\nRumiyati\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) pengaruh\r\npembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan\r\nmemahami warahan siswa kelas VII SMPN 1 Kotabumi Lampung Utara semester\r\nganjil tahun pembelajaran 2016/2017 dan (2) kemampuan siswa kelas VII SMPN\r\n1 Kotabumi Lampung Utara dalam memahami warahan.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan\r\npopulasi sebanyak 314 siswa yang tersebar di sepuluh kelas. Untuk memperoleh\r\ndata digunakan tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda berisi empat alternatif\r\njawaban. Soal yang digunakan pada saat tes awal dan tes akhir berjumlah 25 butir.\r\nSebelum digunakan, soal diujicobakan di luar sampel untuk mengetahui validitas\r\ndan reliabilitasnya. Soal yang diujicobakan berjumlah 40 butir. Hasil uji coba\r\ndianalisis dengan menggunakan komputer program Anates. Soal yang digunakan\r\nuntuk mengumpulkan data adalah soal yang tingkat kesukarannya berkisar antara\r\n0,25—0,75 dan daya pembedanya ≥ 0,40.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) Skor rata-rata kemampuan memahami warahan\r\nsiswa yang dalam pembelajarannya menggunakan CTL lebih tinggi daripada skor\r\nrata-rata kemampuan memahami warahan siswa yang dalam pembelajarannya\r\nmenggunakan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Dengan\r\nperkataan lain, ada pengaruh pembelajaran CTL terhadap kemampuan memahami\r\nwarahan. Peningkatan skor rata-rata kemampuan memahami warahan dari tes\r\nawal ke tes akhir di kelas yang menggunakan CTL = 36,37 dan di kelas yang\r\nmenggunakan CIRC = 14,88. Selisih peningkatan skor rata-rata = 21,49. Siswa\r\nyang diajar dengan metode CTL dianggap memiliki pemahaman yang lebih baik\r\ntentang warahan dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode CIRC.\r\n(2) Tes akhir kemampu-an memahami warahan di kelas yang menggunakan CTL\r\nmemperoleh skor ter-tinggi = 100, skor terendah = 40, standar deviasi = 11,424,\r\ndan skor rata-rata = 79,25. Tes akhir kemampuan memahami warahan di kelas\r\nyang menggunakan CIRC memperoleh skor tertinggi = 76, skor terendah = 36,\r\nstandar deviasi = 10,889, dan skor rata-rata = 58,38.\r\nKata kunci: pembelajaran CTL dan CIRC, memahami warahan.\r\nABSTRAK\r\nPENGARUH PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nTEHADEP KEMAPPEUAN MAHHEMEI WARAHAN SISWA KELAS VII\r\nSMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHHUN PEMBELAJARAN 2016/2017\r\nOleh:\r\nRumiyati\r\nPenelitian ijo bertujuan untuk ngedeskripsiken pengaruh metode pembelajaran\r\nContextual Teaching and Learning (CTL) terhadep kemappeuan memahemei\r\nwarahan pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara semester\r\nganjil tahun pembelajaran 2016/2017. Metode sai digunoken dilem penelitian\r\niyolah eksperimen. Populasei bejumlah 314 siswa. Sampel dibagei menjadi duo\r\ncaro yaitu Kelas VII C sebagai Kelas Eksperimen jamo Kelas VII E sebagai Kelas\r\nKontrol. Data sai digunoken diakuk lewat tes tulis pilihan beganda jamo\r\nessaydengan epak alternatif jawaban. Soal sai digunoken ketiko tes awal dan tes\r\nakhir bejumlah 25 soal. Selakwat digunoken, soal diujeicuboken di luah sampel\r\nmangi dipandai validitas dan reliabilitasno. Soal sai diujeicuboken bejumlah 40\r\nsoal. Hasil uji coba dianalisis makai komputer Program Anates. Soal sai\r\ndigunoken pakai nguppulken data adalah soal sai tingkat kesulitanno bekisar\r\nantaro 0,25 - 0,75 dan dayo bidono ≥ 0,40. Hasil penelitian nyulukken bahwa\r\nsiswa sai pembelajaranno ngegunoken metode CTL meso skor lebih ghaccak\r\nyakni sebesar 36,37% dibanding sai ngegunoken metode CIRC senilai 14,88%.\r\nData ijo hasil jak rata-rata tes awal sappai tes akhir pemahaman warahan.\r\nPembelajaran ngegunoken metode CTL dinyatakan efektif di lem meningkatken\r\nhasil belajar.\r\n.\r\nKata kunci: pembelajaran CTL dan CIRC, mahhemei warahan.\r\nABTSRACT\r\nTHE EFFECT OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nON THE ABILITY TO UNDERSTAND WARAHAN\r\nFOR STUDENTS OF CLASS VII SMPN 1 KOTABUMI\r\nNORTH LAMPUNG\r\nIN THE FIRST SEMESTER OF 2016/2017\r\nBy:\r\nRumiyati\r\nThis study purposed to identify and describe: (1) the effect of Contextual\r\nTeaching and Learning (CTL) on the ability to understand warahan for students of\r\nclass VII SMPN 1 Kotabumi North Lampung in The first semester of 2016/2017\r\n(2) the students ability of class VII SMPN 1 Kotabumi North Lampung to\r\nunderstanding warahan.\r\nThis study is using experimental method. The population were the students of\r\nclass VII SMPN 1 Kotabumi North Lampung in the first semester of 2016/2017.\r\nThe amount of population were 314 students from 10 classes. The data were\r\ncollected by using multiple-choice written test with four alternative answers. The\r\nQuestions used for the pre test and final test were 25. Before conducting the test,\r\nthe questions were tested to students non-sample for the validity and reliability.\r\nThe amount of the questions were 40. The trial test was analyzed by Anates\r\nProgram. The Questions used to collect data have difficulty ranged from 0.25 to\r\n0.75 and differentiator ≥ 0.40.\r\nThe results showed that: (1) The average score of the students ability to\r\nunderstand warahan using CTL was higher than the average score of the students\r\nability to understand warahan using Cooperative Integrated Reading and\r\nComposition (CIRC). In other words, there was a learning effect of CTL on the\r\nability to understand warahan. The increase of the average score in ability to\r\nunderstand warahan from the pretest to the final test in the class using CTL was =\r\n36.37 and in the class using the CIRC was = 14.88. The Differences of increasing\r\naverage score was = 21.49. The students ability to understand warahan with\r\nlearning CTL has a better ability than the students ability to understand warahan\r\nusing the CIRC. (2) The final tests of understanding warahan in the class using\r\nCTL obtained the highest score = 100, the lowest score = 40, standard deviation =\r\n11,424, and the average score = 79.25. The final tests of understanding warahan in\r\nthe class using CIRC obtained the highest score = 76, the lowest score = 36,\r\nstandard deviation = 10.889, and the average score = 58.38.\r\nKeywords: CTL and CIRC, understanding warahan"^^ . "2017-05-04" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1423045010"^^ . "Rumiyati"^^ . "1423045010 Rumiyati"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (File PDF)"^^ . . . "3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND\r\nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN\r\nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA\r\nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #28559 \n\nPENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND \nLEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI WARAHAN \nSISWA KELAS VII SMPN 1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA \nSEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017\n\n" . "text/html" . . . "LB Theory and practice of education"@en . . . "P Philology. Linguistics"@en . .