%0 Generic %A Made, NI WAYAN METHANIA %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:286 %I Fakultas KIP %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI %U http://digilib.unila.ac.id/286/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi siswa SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur dengan berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung dengan kelas XI IPA4 dan kelas XI IPA5 sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,66 dan 0,47; serta rata-rata n- Gain keterampilan inferensi untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,63 Ni Wayan Methania dan 0,48. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi pada materi kesetimbangan kimia dengan model Learning Cycle 3E lebih tinggi daripada yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan model Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci : keterampilan inferensi, keterampilan mengkomunikasikan, model pembelajaran Learning Cycle 3E