title: ANALISIS KESESUAIAN MATERI EKOSISTEM BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR (KD) KURIKULUM 2013 creator: Amanah, 1313024009 subject: LB Theory and practice of education subject: QH301 Biology description: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kesesuaian keluasan dan kedalaman materi serta tingkat miskonsepsi pada buku teks. Sampel penelitian adalah 3 buku yang terdapat materi Ekosistem Biologi SMA Kelas X yang paling banyak digunakan sekolah di Kota Bandar Lampung, dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian keluasan materi adalah beragam.Tingkat kesesuaian keluasan materi buku A sebesar 80% dengan kategori “Sesuai”, buku B sebesar 100% dengan kategori “Sangat Sesuai” dan buku C sebesar 80% dengan kategori “Sesuai”. Tingkat kesesuaian kedalaman materi pada buku A sebesar 75,6% dengan kategori “Sesuai”, buku B sebesar 93,6% dengan kategori “Sangat Sesuai” dan buku C sebesar 60,6% dengan kategori “Cukup Sesuai”. Pada ketiga buku ditemukan keluasan dan kedalaman materi yang tidak sesuai dengan KD, ada yang seharusnya sudah dipelajari di jenjang sebelumnya dan ada yang tidak seharusnya dipelajari. Miskonsepsi yang ditemukan pada ketiga buku berbeda besarnya namun masuk ke dalam kategori yang sama yaitu “Sangat Rendah”, buku A sebesar 6%, buku B sebesar 1,7% dan buku C sebesar 2,5%. Pada buku A terdapat 7 miskonsepsi yaitu pada konsep Faktor Abiotik, Faktor Biotik, Interkasi dalam Ekosistem, Aliran Energi, Daur Air. Pada buku B terdapat 2 miskonsepsi yaitu pada konsep Interkasi dalam Ekosistem. Pada buku C terdapat 2 miskonsepsi yaitu pada konsep Faktor Abiotik dan Bioma. Kesimpulannya adalah tingkat kesesuaian keluasan materi ekosistem buku teks A biologi SMA kelas X dengan Kompetensi Dasar (KD) “Sesuai” 80%, buku B “Sangat Sesuai” 100% dan buku C “Sesuai” 80%. Tingkat kesesuaian kedalaman materi ekosistem buku teks A biologi SMA kelas X dengan Kompetensi Dasar (KD) adalah “Sesuai” 75,6%, buku B “Sangat Sesuai” 93,6% dan buku C “Cukup Sesuai” 60,6%. Hasil identifikasi miskonsepsi pada buku A tingkat miskonsepsinya adalah “Sangat Rendah” 6%, buku B “Sangat Rendah” 1,7% dan buku C “Sangat Rendah” 2,5%. Kata Kunci : ekosistem, kedalaman materi, keluasan materi, miskonsepsi publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-10-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28603/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28603/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28603/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Amanah, 1313024009 (2017) ANALISIS KESESUAIAN MATERI EKOSISTEM BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR (KD) KURIKULUM 2013. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/28603/