%0 Generic %9 Other %A Rusdania, 1013109140 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:2862 %I FKIP %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISIONS (STAD) KELAS IV SDN 4 GUNUNGSARI KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/2862/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif STAD di SD Negeri 4 Gunungsari Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar dan kinerja guru menggunakan lembar observasi yang diamati oleh observer. Sedangkan hasil belajar digunakan tes evaluasi pada setiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan data dimana pada siklus I pertemuan ke-1 rata-rata aktivitas belajar siswa 59 dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 78. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 mendapat nilai 82 dan pertemuan ke-2 mendapat nilai 85. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 67,33 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 81,33. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif STAD, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Kooperatif STAD, Aktivitas, Hasil Belajar.