@mastersthesis{eprints28641, month = {Agustus}, title = {PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN DAN DISPOSISI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS}, school = { UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = { 1423021054 RIZKI WAHYUNI}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/28641/}, abstract = {Penelitian pengembangan (Research \& Development) ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Teorema Pythagoras yang mampu mengurangi hambatan belajar dan mengetahui hasil implementasinya ditinjau dari kemampuan dan disposisi pemahaman konsep matematis siswa. Adapun hambatan belajar yang dimaksud adalah kesulitan belajar yang dialami siswa pada saat mempelajari konsep Teorema Pythagoras. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Ummah Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing dengan materi Teorema Pythagoras mampu memfasilitasi kemampuan dan disposisi pemahaman konsep matematis siswa. Analisis terhadap respon siswa dan temuan-temuan selama implementasi dijadikan landasan untuk memperbaiki LKPD selanjutnya. Kata kunci: Pemahaman Konsep, LKPD, Penemuan Terbimbing. ABSTRACT Abstract: This research aimed to develop student worksheets learner (LKPD) that was able to reduce the learning obstacle and find out the results of its implementation in terms of student?s ability and disposition of mathematical concept understanding. The Learning obstacle means that the learning difficulties experienced by students when studying pythagorean theorem. The subject of this research was VIII class students of MTs Nurul Ummah in academic years of 2016/2017. The data collection techniques used observation, documentation, interviews, questionnaires, and tests. The results showed that the worksheets based guided discovery for pythagorean theorem able to facilitate of student?s ability and disposition of mathematical concept understanding and reduce the learning obstacles that exist. The analysis of the student's response and findings during implementation used for a basis of further improvement of the worksheets. Key words: understanding concept, LKPD, guided discovery.} }