TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28647 UR - http://digilib.unila.ac.id/28647/ A1 - RENI NOVASARI, 1313041070 Y1 - 2017/10/03/ N2 - Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar menulis siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar menulis. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017, berjumlah 366 siswa, yang tersebar dalam 11 kelas. Sampel penelitian ini adalah 10% berjumlah 37 siswa. Penyampelan dilakukan secara cluster random sampling. Untuk menghimpun data, penelitian ini menggunakan tes menulis siswa dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan skor motivasi belajar sebesar 83,5 dan prestasi belajar menulis sebesar 83,1 yang termasuk pada kriteria baik. Nilai koefisien korelasi product moment sebesar rhitung (0,467) > rtabel (0,325). Berdasarkan hasil hitungan tersebut, hipotesis diterima. Koefisien uji regresi sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar menulis sebesar 21,8% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain diluar variabel penelitian dan memperoleh persamaan regresinya adalah Y = 60,100 + 0,278X. Artinya, setiap penambahan satu tingkat motivasi belajar, maka prestasi belajar menulis akan meningkat sebesar 0,278. Dengan demikian, semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin tinggi prestasi belajar menulis yang mereka peroleh. Sebaliknya, semakin rendah motivasi belajar mereka, semakin rendah prestasi belajar menulis yang diperoleh. Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran, prestasi belajar menulis. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MENULIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -