%A 1013109131 Rahma Diana %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DENGAN METODE DISKUSI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 WAY KEPAYANG KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN TP 2013/2014 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi di SD Negeri 2 Way Kepayang Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data aktivitas siswa dan kinerja guru diamati dengan menggunakan lembar observasi, serta tes hasil belajar pada disetiap siklusnya. Selanjutnya data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode diskusi, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukan hasil pada siklus I pertemuan ke-1 aktivitas belajar siswa skor rata-rata 47,5% dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 61%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 80% dan pertemuan ke-2 mencapai 83%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 68,66 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 78. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Penggunaan metode diskusi meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Metode Diskusi, Aktivitas, Hasil Belajar. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints2866