title: PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT KOTA METRO creator: DANANG ZULKURNIA, 1423053001 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: ABSTRACT This study aims to createt Student Activity Sheets which is called as LKPD and effectiveness in natural science subject especially in human and environmen at sub topic. The research is conducted in fifth grade students of Muhammadiyah Elementary School, central Metro, Metro city by using Research and Develompment (R&D) methtod. In addition dick and carey interactional design is also employed. Samples are taken from two clasces (yahya and umar class) from totally 212 students of fifth grade in Muhammadiyah Elementary School. The sampling is designed folowing normal distribution from homogen population. The result of this research shows intersting data the eksperiment of this LKPD use shows better result the cinventional one. The t computation test analysis resulted in better value compared to conventin version . there fore, it can be concludee that learning activity Using this LKPD is more effective. Keywords: the development, natural science, student activity sheet development. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta didik dan untuk mengetahui efektifitas LKPD berbasis proyek dalam materi pembelajaran IPA dalamSubtema Satu Manusia dan Lingkungan PadaSiswa Kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat Kota Metro. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develompment (R&D). Desain interaksional Dick and Carey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD MuhammadiyahMetro Pusat Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 212 Peserta didik.sampel kelas eksperimen (Kelas V Yahya) dan kelas Kontrol (Kelas V Umar). Pengambilan kelas tersebut memeliki hasil belajar yang berdistribusi Normal dan berasal dari populasi yang homogen. Hasil penelitian pengembangan menyimpulkan bahwa, (1) penelitian ini adalah menarik, jelas, dan membantu dalam proses pembelajaran dan dinyatakan layak di gunakan.; (2) Hasil produk media LKPD yang dikembangkan diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan LKPD yang dikembangkan lebih tinggi dari pada LKPD yang masih konvensional. Hasil analisis uji t hitung lebih besar dari ttabel sehingga pembelajaran dengan menggunakan LKPD dinyatakan Efektif. Kata Kunci : pengembangan, pembelajaran IPA, lembar kegiatan peserta didik berbasis proyek. date: 2017-08-08 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28662/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28662/17/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28662/18/TEISIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: DANANG ZULKURNIA, 1423053001 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH METRO PUSAT KOTA METRO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/28662/