%0 Generic %A MAS RIFA AULIA, 1513069001 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %F eprints:28665 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAHOMAN BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/28665/ %X Masalah dalam penelitian ini rendahnya aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas VA. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa kelas VA SD Negeri 1 Pahoman. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 1 Pahoman yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes pada setiap siklus. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika dengan rata-rata persentase aktivitas siswa untuk setiap aspek pada siklus I sebesar 55,56 %, siklus 2 sebesar 72,22 % sedangkan pada siklus 3 mencapai 88,89 %. Jadi dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa sudah termasuk pada kategori baik. pada siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa sebesar 64,86, siklus 2 sebesar 68,75 sedangkan pada siklus 3 sebesar 71,94. Dengan persentase siklus 1 sebesar 61,11 %, siklus 2 sebesar 72,22 % dan siklus 3 sebesar 86,11 %. Dengan tercapainya nilai rata-rata siswa lebih dari 65 dan persentase lebih dari 75 %, maka dapat dikatakan bahwa hasil intervensi tindakan yang diharapkan telah tercapai. Kata kunci: Aktivitas Hasil Belajar, Matematika, Contextual Teaching and Learning