%A 1313054031 Minaty Putri Wardany %T PENGARUH AKTIVITAS BERMAIN KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI KALIBENING PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan sosial-emosional pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Kalibening Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain kooperatif terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Treatment by subject designs (one group experiment). Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, sampel yang digunkan berjumlah 30 anak pada kelas B2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data dengan uji t-test dan regresi linier sederhana. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat perbedaan perkembangan sosial-emosional menggunakan aktivitas bermain kooperatif serta ada pengaruh yang signifikan aktivitas bermain kooperatif terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Kalibening tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: anak usia dini, aktivitas bermain kooperatif, perkembangan sosial-emosional ABSTRACT The problem in this study was the low of children social-emotional development aged 5-6 years in Pertiwi Kalibening Kindergarten Pekalongan District, East Lampung, academic year 2016/2017. This study aimed to determine the effect of cooperative play activities toward children social-emotional development aged 5-6 years. The research method was used experiment with treatment by subject designs (one group experiment). Sample were 30 children with cluster random sampling technique. Data were colected by observation and documentation. The data was analyzed by simple t-test and linear regression test. From the hypothesis testing it can be concluded that there was a differences of children social-emotional development using cooperative playing activity and there also a significant influences of cooperative play activity toward children social-emotional development aged 5-6 year old in TK Pertiwi Kalibening Academic year 2016/2017. Keywords: early childhood, cooperative play activity, social-emotional development %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints28672