%0 Generic %A NITA FEBRIA, 1313021059 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28679 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016-2017) %U http://digilib.unila.ac.id/28679/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe think talk write ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016-2017 yang terdistribusi dalam 18 kelas. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan terpilihlah siswa kelas VIII.N dan VIII.R sebagai sampel. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa think talk write tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep matematis siswa, think talk write.