creators_name: MILATUS SOLIKHAH, 1313053101 creators_id: solikhah.mila@gmail.com type: other datestamp: 2017-10-19 06:53:04 lastmod: 2017-10-19 06:53:04 metadata_visibility: show title: PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah yang timbul dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 10 Metro Timur adalah rendahnya hasil belajar siswa pada kelas VA dengan nilai rata-rata sebesar 63 dan pada kelas VB dengan nilai ratarata sebesar 61,50. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran discovery dengan tujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen model komparatif (perbandingan) dua kelompok sampel. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal pilihan jamak sebanyak 20 butir dalam bentuk pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis menggunakan nilai posttest menunjukan bahwa Ho di tolak, dengan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperiemen 2 menunjukkan selisih sebesar 0,14. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas inquiry dan kelas discovery. Kata Kunci: Inquiry, Discovery, Hasil Belajar date: 2017-08-30 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: MILATUS SOLIKHAH, 1313053101 (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 10 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/28697/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/28697/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/28697/3/SKRIPSI%20FULL.pdf