TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28698 UR - http://digilib.unila.ac.id/28698/ A1 - NIA WIDYA NINGRUM, 1313021056 Y1 - 2017/09/29/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inkuiri Terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 dan VIII-4 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan post test only control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji Tanda Binomial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran inkuiri terbimbing tidak lebih tinggi dari pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran Inkuiri Terbimbing tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, pemecahan masalah matematis. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017) AV - restricted ER -