TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28731 UR - http://digilib.unila.ac.id/28731/ A1 - NOVURI ECISA, 1313053115 Y1 - 2017/09/27/ N2 - Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Metro Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Metro Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujicobakan, dianalisis dan dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain kelas eksperimen 0,58, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol 0,37. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan program SPSS 23 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,03, (0,03<0,05) sehingga Ha diterima. Dari perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: pendekatan pembelajaran kontekstual, media realia, hasil belajar. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 4 METRO UTARA AV - restricted ER -