TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints28768 UR - http://digilib.unila.ac.id/28768/ A1 - YUNITA NURALINDA, 1313022089 Y1 - 2017/10/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dalam penggunaan modul pembelajaran berbasis Learning Content Development System (LCDS) pada materi gerak harmonis sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 01 Abung Selatan, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Control-Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil uji peningkatan penguasaan konsep siswa dengan uji Independent Sample T Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berbasis LCDS memiliki peningkatan terhadap penguasaan konsep fisika pada siswa dikarenakan tahapan-tahapan pada modul yang sistematis, terarah, menarik dengan representasi isi, visualisasi dengan multimedia (video, animasi, suara, teks, dan gambar), dapat digunakan secara klasikal atau individual, dan biaya yang relatif murah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai N-gain pada kelas kontrol 0,48 dan rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,62. Kata kunci: LCDS, Penguasaan Konsep, Gerak Harmonis Sederhana PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA AV - restricted ER -