title: PENGARUH SKILL ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP creator: HENDIKA PRASETYO AGUSNI, 1113022019 subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Proses pembelajaran disekolah saat ini kurang memperhatikan skill argumentasi sehingga kebanyakan siswa memiliki skill argumentasi yang rendah. Salah satu upaya meningkatkan skill argumentasi siswa yaitu menerapkan pembelajaran yang aktif dengan menggunakan model Problem Based Learning agar mendorong siswa menggunakan skill argumentasi dalam penyelesaian masalah. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Labuhan Maringgai, menggunakan satu kelas dengan jumlah sampel 34 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skill argumentasi terhadap hasil belajar dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan skill argumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linier yang positif dan signifikan antara skill argumentasi terhadap hasil belajar siswa SMP dengan kontribusi 34,63% dan terjadi peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa SMP dengan menggunakan skill argumentasi, dengan nilai N-gain rata-rata 0,70 yang termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: hasil belajar, problem based learning, skill argumentasi. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2017-10-12 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28802/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28802/15/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28802/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: HENDIKA PRASETYO AGUSNI, 1113022019 (2017) PENGARUH SKILL ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/28802/