%0 Generic %A Dewisri Wulandari, 1211011194 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28803 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T Pengaruh Inovasi Produk (Keuntungan Relatif, Kompatibilitas dan Kompleksitas) Terhadap Niat Penggunaan Mobile Banking BRI (Studi Pada Agen LPG 3 Kg di Bandar Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/28803/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk (keuntungan relatif, kompatibilitas dan kompleksitas) terhadap niat penggunaan mobile banking BRI (studi pada agen LPG 3 Kg di Bandar Lampung). BRI menjalin kerjasama Business to Business (B2B) dengan PT. Pertamina (Persero) secara resmi meluncurkan fasilitas pembayaran LPG (Liquified Petroleum Gas) 3 kg dengan menggunakan mobile banking yang disebut dengan Mocash LPG BRI. Populasi penelitian ini adalah agen LPG 3 Kg di Bandar Lampung dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keuntungan relatif berpengaruh positif terhadap niat penggunaan Mobile Banking BRI. Variabel kompatibilitas berpengaruh positif terhadap niat penggunaan Mobile Banking BRI. Variabel kompleksitas berpengaruh negatif terhadap niat penggunaan Mobile Banking BRI. Variabel keuntungan relatif memiliki pengaruh terbesar terhadap niat penggunaan. Kata kunci : inovasi produk, niat penggunaan The Effect of Product Innovation (Relative Advantage, Compatibility, and Complexity) Towards Intention to Use Mobile Banking BRI (A Study on 3 Kg LPG Agent in Bandar Lampung) This study aims to determine the effect of product innovation (relative advantage, compatibility, and complexity) towards intention to use mobile banking BRI (a study on 3 Kg LPG agent in Bandar Lampung). BRI cooperated Business to Business (B2B) with PT. Pertamina (Persero) officially launched the 3 kg LPG (Liquified Petroleum Gas) payment facility using mobile banking called Mocash LPG BRI. The study population was a 3 Kg LPG agent in Bandar Lampung with a total sample of 100 respondents. This research use multiple linear regression analysis. The results showed that relative advantage has a positive effect on intention to use Mobile Banking BRI. Compatibility has a positive effect on intention to use Mobile Banking BRI. Complexity has a negative effect on intention to use Mobile Banking BRI. The relative advantage has the biggest effect to the intention to use at this research. Keywords : product innovation, intention to use