%0 Generic %A Rofiana Rachmad, 1313022061 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %F eprints:28813 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS LCDS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA RANAH KOGNITIF DAN AFEKTIF MATERI SUHU DAN KALOR %U http://digilib.unila.ac.id/28813/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis Learning Content Development System (LCDS) terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif materi suhu dan kalor. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Terbanggi Besar, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan menggunakan Non Equivalent Control Group Pretest - Posttest Design. Berdasarkan hasil uji peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif dengan uji Independent Sample T Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) masing-masing adalah sama, yakni sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berbasis LCDS memiliki peningkatan hasil belajar siswa (ranah kognitif dan afektif) lebih dari hasil belajar siswa (ranah kognitif dan afektif) yang menggunakan buku cetak dan LKS. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai N-gain kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,7 dan pada kelas kontrol sebesar 0,5. Sedangkan perbedaan rata-rata nilai N-gain afektif pada kelas eksperimen sebesar 0,6 dan pada kelas kontrol sebesar 0,3. Kata kunci: LCDS, Hasil Belajar Kognitif dan Afektif, Suhu dan Kalor