<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA"^^ . "Pembelajaran fisika yang dilaksanakan belum memfasilitasi siswa untuk\r\nmengembangkan keterampilan proses sains, sehingga perlu diterapkan model\r\ncollaborative teamwork learning yang memberikan peluang kepada siswa untuk\r\nterlibat aktif selama proses pembelajaran dengan mempertimbangkan tipe\r\nkepribadian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan\r\nketerampilan proses sains pada ragam tipe kepribadian, yaitu sanguinis, koleris,\r\nmelankolis, dan phlegmatis dalam pembelajaran menggunakan model\r\ncollaborative teamwork learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X\r\nMIPA 5 SMA Negeri 1 Sidomulyo yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 28\r\nsiswa perempuan. Sampel diambil dengan latar belakang memiliki empat tipe\r\nkepribadian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan\r\neksperimen komparatif. Teknik pengumpulan data keterampilan proses sains\r\nmenggunakan observasi dan tipe kepribadian siswa menggunakan angket. Data\r\ndianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Kruskal Wallis. Hasil angket tes\r\nprofil kepribadian diperoleh 15 siswa sanguinis, 10 siswa koleris, 5 siswa\r\nmelankolis, dan 20 siswa phlegmatis. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat\r\npengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model collaborative teamwork\r\nlearning terhadap keterampilan proses sains siswa pada tipe kepribadian\r\nsanguinis, koleris, melankolis, dan phlegmatis, ditunjukkan dengan nilai sig.\r\nsebesar 0,03. (2) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara keempat\r\ntipe kepribadian, yaitu phlegmatis dan sanguinis; phlegmatis dan koleris;\r\nphlegmatis dan melankolis. Siswa yang bertipe kepribadian sanguinis, koleris dan\r\nmelankolis lebih tinggi keterampilan proses sainsnya dibandingkan dengan siswa\r\nyang bertipe kepribadian phlegmatis. Sedangkan sanguinis dan koleris; sanguinis\r\ndan melankolis memperoleh nilai rata-rata keterampilan proses sains yang\r\nberbeda, namun tidak berbeda secara signifikan. Sementara siswa koleris dan\r\nmelankolis memiliki nilai keterampilan proses sains yang sama atau tidak ada\r\nperbedaan yang signifikan, hal ini disebabkan siswa koleris dan melankolis ini\r\nberorientasi target dan merinci selama proses pembelajaran berlangsung.\r\nKata Kunci: collaborative teamwork learning, keterampilan proses sains, tipe\r\nkepribadian\r\n\r\n\r\n\r\n"^^ . "2017-10-16" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . " (1313022075)"^^ . "TIARA NOVI ANGGI"^^ . " (1313022075) TIARA NOVI ANGGI"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (File PDF)"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK\r\nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS\r\nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #28818 \n\nPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEAMWORK \nLEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS \nDITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA\n\n" . "text/html" . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . . . "QC Physics"@en . .