title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 33 NEGERI KATON creator: MIA MERLYANA, 1313053099 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 33 Negeri Katon yakni 19 orang siswa sudah tuntas dan 28 orang siswa belum tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 33 Negeri Katon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujikan dan dianalisis validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar IPS siswa. Hasil perhitungan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) kurang dari taraf signifikansi sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, hasil belajar, IPS. publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG date: 2017-09-19 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28822/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28822/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/28822/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: MIA MERLYANA, 1313053099 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 33 NEGERI KATON. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. relation: http://digilib.unila.ac.id/28822/