%0 Generic %A Dessy Natalia, 1313031023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:28851 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR, KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) SISWA DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 %U http://digilib.unila.ac.id/28851/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar, kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling didapat sampel sebanyak 101 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan expost facto dan survey. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel aktivitas belajar, kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 140,635 > Ftabel 2,71 dengan koefisien determinasi (R2) yaitu 0,807 yang berarti hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung dipengaruhi oleh variabel aktivitas belajar, kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas sebesar 80,7% sisanya 19,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: aktivitas belajar, kecerdasan emosional, kecerdasan adversitas.