TY - THES ID - eprints28892 UR - http://digilib.unila.ac.id/28892/ A1 - Enie Augus Junaety, 1423021018 Y1 - 2017/10/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik dalam pembelajaran kooperatif group to group exchange yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengikuti alur penelitian pengembangan Borg & Gall. Instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi ahli, instrumen respon peserta didik, dan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan melihat aspek yang dinilai. Berdasarkan hasil uji ahli desain pembelajaran dan ahli materi, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan memiliki validitas yang baik. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Padangcermin tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik yang dikembangkan sangat baik yaitu sangat menarik dan mudah digunakan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kata Kunci: LKPD, GGE, kemampuan komunikasi matematis PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LKPD DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK AV - restricted ER -