TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints28931 UR - http://digilib.unila.ac.id/28931/ A1 - ZARRA AULIA KUSUMAWARDANI , 1313053175 Y1 - 2017/10/09/ N2 - Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPA peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPA, untuk mengetahui keeratan hubungan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPA dan untuk mengetahui keeratan hubungan antara kecerdasan emosional dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 peserta didik yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosional dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPA, hasil yang diperoleh dalam uji signifikansi yang telah dilakukan, diketahui Fhitung = 32,18 ? Ftabel = 19,47. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPA, dengan koefisien determinan r2= 0,709 atau sebesar 70,9% terhadap pencapaian prestasi belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 METRO UTARA AV - restricted ER -