%A 1213041053 MARIO EFENDI %T TINDAK TUTUR DALAM TRANSAKSI JUAL-BELI DI PASAR TRADISIONAL CENTRAL KOTABUMI DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA %X Masalah dalam penelitian ini adalah bentuk tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung di pasar Central Kotabumi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung di pasar Central Kotabumi, serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, dengan teknik simak bebas libat cakap, catat, dan rekam. Sumber data dalam penelitian ini adalah peristiwa tutur yang diujarkan oleh penjual dan pembeli pada transaksi jual-beli di pasar tradisional Central Kotabumi Lampung Utara. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang terjadi di pasar tradisional Central Kotabumi Lampung Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur dalam transaksi jual-beli di pasar tradisional central Kotabumi yang dituturkan oleh subjek penelitian ii dilakukan dengan dua bentuk tindak tutur, yaitu tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Tindak tutur langsung yang ditemukan terdiri atas tindak tutur langsung pada sasaran dan tindak tutur langsung dengan alasan atau argumentasi. Tindak tutur tidak langsung dilakukan dengan cara yang khas yang disebut sebagai modus. terdapat empat modus yang digunakan dalam tuturan yaitu tindak tutur tidak langsung dengan modus bertanya (TLMT), tindak tutur tidak langsung dengan modus memuji (TLMM), tindak tutur tidak langsung dengan modus fakta (TLMF) dan tindak tutur tidak langsung modus melibatkan orang ketiga (TLMK). Hasil penelitian diimplikasikan pada materi pembelajaran di SMA kelas XI semester genap, khususnya pada KD 4.2 dalam materi produksi teks drama/film. Kata kunci: tindak tutur, transaksi jual-beli, pembelajaran bahasa Indonesia %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints28950