%A 1013031025 arnold rama ardiansyah %T PENGARUH PEMANFAATAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 10 kelas dengan jumlah siswa 329 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 177 siswa yang didapat dengan menggunakan rumus Cochran. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua digunakan regresi linier sederhana sedangkan hipotesis ketiga menggunakan regresi multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1. Ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar di sekolah terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. 2. Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. 3. Ada pengaruh pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata kunci: pemanfaatan sarana belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints2898