TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints29002 UR - http://digilib.unila.ac.id/29002/ A1 - AYU MUGI ARMISTA , 1313034017 Y1 - 2017/09/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis regresi. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh status motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini terdapat 53 responden dari jumlah populasi 61 siswa dengan menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan nilai F-hitung yaitu sebesar 11.683 dengan taraf signifikansi yaitu 0.000. hasil ini menunjukkan nilai F-hitung yaitu 11.683 jauh lebih besar dari F-tabel 2.80 dan nilai probabilitas (0.000) jauh lebih kecil dari alpha 0.10. Hasil regresi linier sederhana menunjukkan persamaan Y = -5.288 + 0.828+e. Nilai tersebut mempunyai arti nilai konstanta Hasil Belajar Geografi jika tidak ada variabel independent yaitu motivasi belajar adalah sebesar -5.288, sementara nilai koefisien variabel motivasi belajar yaitu sebesar 0.828. kontribusi pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar geografi yaitu sebesar 0.958 atau 95.8%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 4.2% (100-95.8) dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti model pembelajaran, bimbingan belajar, serta faktor-faktor lainnya. Kata kunci : Motivasi belajar, geografi, hasil belajar. ABSTRACT The purpose of this research to determine, describe, and analyze effect between study motivation toward geography study output. Type of this research is regression analysis. Hypothesis of this research is there effect of study motivation toward geography study output student at grade XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung. The samples used were 53 respondent from the population 61 students by using probability sampling techniques.The data collection techniques used in this research is questionnaire, interview, and documentation. The data analysis technique usedin this research is simple regression test. The result of this research show that study motivation have significant effect toward geograpy study output student at grade XI IPS SMA Yadika Bandar Lampung Lesson Year 2016/2017 with value F-Count is 11.683 bigger than F-Table is 2.80 and probability value is 0.000 smaller than alpha 0.10. Result of simple linear regression showed the equation Y = -5.288 + 0.828+e. This value has meaning constant value of geography study output if there?s not independent variable is study motivation is equal to -5.288, while the value of variable coefficients are 0.828. The contribution effecct of study motivation toward geography study output is equal is 0.958 or 95.8%, while the remaining is 4.2% (100-95.8) influenced by others factors that was not examined in this research such as study models, counselling of study and the others factor. Key word : Study motivation, geography, study output PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -