TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints29011 UR - http://digilib.unila.ac.id/29011/ A1 - SITI ASIFAH, 1513069077 Y1 - 2017/10/26/ N2 - ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewaragengaraan siswa kelas IV SDN 59 Gedongtataan. melalui pendekatan inquiri. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa siklus I hasil belajar pembelajaran PKn siswa Pada siklus I rata-rata nilai sebesar 68,25, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai sebesar 69,25 mengalami peningkatan sebesar 8,0 dan dapat memenuhi KKM yaitu sebesar 65. Selanjutnya hasil pengamatan aktivitas siswa bahwa pada siklus I respons siswa atau aktivitas siswa saat pembelajaran sebesar (29.5). Selanjutnya pada siklus II respons siswa atau aktivitas siswa saat pembelajaran sebesar (33) dengan tingkat kriteria ?baik?. Selanjutnya aktivitas siswa selama pembelajaran PKn sebagai berikut : sebanyak 5 siswa (25%) siswa berkategori sangat aktif, 8 siswa (40%) berkategori aktif, 5 siswa (25%) berkategori cukup aktif dan sisanya sebanyak 16 siswa (2%) berkategori kurang aktif Kata kunci: Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Pendekatan Inkuiri PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV-A SD NEGERI 59 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 AV - restricted ER -