creators_name: Miftahul Nuranisa, 1313053100 creators_id: miftahulanisa40@gmail.com type: other datestamp: 2017-10-31 08:21:55 lastmod: 2017-10-31 08:21:55 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNGABSTRAK ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini non-tes dan tes. Data analisis menggunakan independent sample t tes. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu kelas IV SD Negeri 1 Sukarame Bandar Lampung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kontekstual pada kelas eksperimen (IVB) lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pembelajaran kontekstual pada kelas kontrol (IVA). Kata Kunci: hasil belajar, kontekstual, pembelajaran terpadu date: 2017-10-11 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Miftahul Nuranisa, 1313053100 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNGABSTRAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/29012/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29012/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29012/3/SKRIPSI%20FULL.pdf