TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints29015 UR - http://digilib.unila.ac.id/29015/ A1 - ZEYCA WILANTINI, 1313031095 Y1 - 2017/09/18/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH), Giving Question and Getting Answer (GQGA) dan Teams Game Tournament (TGT). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 1 Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Populasi tersebut terdiri dari 7 kelas sebanyak 292 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah 41 siswa, kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 43 siswa dan kelas XI IIS 3 sebagai kelas pembanding dengan jumlah 40 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians satu jalan dan uji lanjut t-dunnet. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH), Giving Question and Getting Answer (GQGA), dan Teams Game Tournament (TGT). (2) Hasil belajar siswa yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA). (3) Hasil belajar siswa yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT). (4) Hasil belajar siswa yang pembelajarannnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT). Kata Kunci: Ekonomi, Hasil Belajar, Everyone is a Teacher Here (ETH), Giving Question and Getting Answer (GQGA), Teams Game Tournament (TGT) PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH), GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) DAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -