creators_name: Rio Dedi Allantara, 1313053139 creators_id: rioallantara@gmail.com type: other datestamp: 2017-11-03 02:01:07 lastmod: 2017-11-03 02:01:07 metadata_visibility: show title: HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 TALANG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar serta prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Talang, Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antar minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Talang tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 5 Talang yang berjumlah 46 siswa, dengan sampel sebanyak 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pengambilan data minat belajar menggunakan kuesioner atau angket sedangkan data prestasi belajar dengan dokumentasi, kemudian teknik analisis data dengan uji korelasi product moment Pearson. Hasil perhitungan menunjukan koefisien korelasi sebesar 0,416 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika. Setiap kenaikan minat belajar diikuti kenaikan prestasi belajar matematika dan sebaliknya. Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi, Matematika. ABSTRACT Problems in this research is still low interest in learning and mathematics learning achievement of grade 5 students of SD Negeri 5 Talang, The purpose of this research is to know the relation between learning interest with the achievement of the students of class V SD Negeri 5 Talang academic year 2016/2017. The population in this research is all students of class V SD Negeri 5 Talang which amounted to 46 students, with a sample of 35 students. The sampling technique used is simple random sampling. Taking of interest in learning data using questionnaires or questionnaires while learning achievement data with documentation, then data analysis techniques with Pearson product moment correlation test. The calculation results show the correlation coefficient of 0.416 thus it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the interest of learning with the achievement of learning mathematics. Any increase in interest in learning is followed by an increase in mathematics learning achievement and vice versa. Keywords: Interest Learning, Achievement, Mathematics. date: 2017-10-12 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Rio Dedi Allantara, 1313053139 (2017) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 TALANG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/29016/1/ASBTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29016/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29016/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf